Jumat, 03 Juli 2015

CSR dan Keberlangsungan Perusahaan

 CSR dan Keberlangsungan Perusahaan

CSR merupakan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap para pihak yang berkepentingan dan terhadap para pemegang saham. CSR juga merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaaan itu berada dengan melakukan tindakan sosial, berkontribusi untuk peningkatan ekonomi, dan berkontribusi dalam pembangungan ekonomi berkelanjutan.

Setiap perusahaan pasti menginginkan tercapainya kondisi keberlangsungan bagi usaha yang dijalankan. Hal tersebut dapat dicapai dengan menerapkan konsep CSR, karena CSR merupakan salah satu upaya untuk menciptakan keberlangsungan usaha.

Perusahaan sebagai suatu organisasi ekonomi, selalu berada di tengah masyarakat. Dengan begitu, masyarakat merupakan pihak yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu perusahaan. Menurut Bowen (1955, hal.6), kewajiban perusahaan adalah menjalankan usahanya sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan yang hendak dicapai masyarakat di tempat perusahaan tersebut beroperasi. Selain mengejar keuntungan, perusahaan harus melaksanakan tanggungjawab sosial dengan cara menjalankan usahanya sejalan dengan kepentingan masyarakat sekitar.

Agar masyarakat juga mersakan bahwa perusahaan yang ada di lingkungan mereka itu tidak memberikan dampak negatif bagi mereka, maka perusahaan melakukan kegiatan CSR. Kegiatan CSR yang dilakukan misalnya pemberian  modal pada usaha kecil atau membantu memasarkan usaha kecil tersebut, membantu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat. Jika kemampuan ekonomi masyarakat sudah dapat ditingkatkan melalui program CSR, maka hal tersebut akan berdampak positif juga perusahaan yang menjalankan CSR.

Ketika perusahaan melaksanakan tanggungjawabnya dalam pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat, maka hal tersebut akan menjamin keberlangsungan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Keberlangsungan perusahaan terjadi karena kebutuhan masyarakat juga terpenuhi yang dalam hal ini perusahaan mengharapkan kesejahteraan bagi masyarakat maupun perusahaan itu sendiri, sehingga tidak menimbulkan tindakan-tindakan negatif yang mungkin dapat merugikan perusahaan. Perusahaan juga mengharapkan dengan terlaksananya program CSR yang dijalankan, masyarakat mendukung keberlangsungan perusahaan karenakedua pihak mendapatkan manfaat atau keuntungan dari keberadaan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar